Setelah para manajer memilih manajemen strategi, dan
perusahaan mengetahuai bagaimana harus mencapai tujuannya, maka langkah
berikutnya adalah melaksankan strategi yang telah dipilih itu. Pelaksaan
strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat
bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilih.
MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI
IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI BAGI ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadiratan Allah SWT
yang telah menganugerahkan rahmat, karunia, dan ridha-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan tugas pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini yang berjudul “Implementasi Manajemen
Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan”. Adapun tujuan
pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini adalah sebagai salah satu tugas Kelompok pada mata
kuliah “Manajemen Strategi.”
Dalam kesempatan ini kami tidak lupa mengucapkan
Terima Kasih kepada Dosen pembimbing serta semua pihak yang telah
membantu dalam penyusunan Makalah Manajemen Strategi ini, sehingga Makalah Manajemen Strategi ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini terdapat
beberapa kekurangan, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
perbaikan dari semua pihak yang terkait. Sehingga kekurangan yang ada dapat
diperbaiki dan disempurnakan. Dalam penyusunan Makalah Manajemen Strategi ini, penyusun berharap
semoga Makalah Manajemen Strategi ini dapat berguna dan bermanfaat sebagaimana mestinya, khususnya
bagi para mahasiswa.
Makassar, 10 September 2018
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Setelah para manajer memilih manajemen strategi, dan
perusahaan mengetahuai bagaimana harus mencapai tujuannya, maka langkah
berikutnya adalah melaksankan strategi yang telah dipilih itu. Pelaksaan
strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat
bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilih.
Agar pelaksanaan strategi dapat berhasil
dengan baik, maka manajer harus hati-hati dan cermat dalam menerjemahkan ke
dalam garis pelaksanaanya, yang berarrti:
a. Strategi harus diterjemahkan kedalam garis
pedoman kegiatan harian perusahaan.
b. Strategi dan perusahaan harus merupakan satu
kesatuan yang tidak terpisahkan. Strategi harus tercerminkan di dalam suatu
cara dimana perusahaan dapat mengorganisir segala kegiatan dan nilai-nilai dan
kepercayaan yang ada dalam perusahaan.
c. Manajer puncak dan menengah harus secara
langsung dan memantau dan mengawasi tindakan dan hasil serta dapat menyesuaikan
berbagai perubahan secepat mungkin.
Pada makalah manajemen strategi ini, pembahasan tentang Implementasi Manajemen
Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan akan di bagi dalam berbagai pembahasan
berdasarkan rumusan masalah yang telah kami diskusikan.
1.1. Rumusan masalah
1.2.1 Apa yang dimaksud dengan implementasi
manajemen strategi ?
1.2.2 Apa yang dimaksud dengan organisasi dan
kelembagaan ?
1.2.3 Bagaimana implementasi manajemen
strategi bagi organisasi dan kelembagaan ?
1.2.Tujuan Pembelajaran
1.3.1 Mengetahui bagaimana cara implementasi
manajemen strategi bagi organisasi dan kelembagaan?
BAB 2
PEMBAHASAN
Implementasi Manajemen Strategi Bagi
Organisasi Dan Kelembagaan
2.1. Defenisi Implementasi Manajemen Strategi
2.1.1. Pengertian Implementasi
Implementasi/pelaksanaan (implementation)
dapat didefenisikan sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya organisasi dan
manajemen melalui strategi yang dipilih. Pelaksanaan strategi diperlukan dengan
tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi
sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilihnya. Tahap pelaksanaan sangat
membutuhkan komitmen serta kerjasama dari seluruh unit, tingkat dan anggota
perusahaan ,sehingga organisasi dapat berhasil dengan baik.
2.1.2. Pengertian Manajemen Strategi
Manajemen Strategi adalah suatu tindakan
manajerial yang mencoba untuk mengembangkan potensi perusahaan di dalam mengeksploitasi
peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah
ditetapkan berdasarkan misi yang telah ditetapkan. Implikasi dari pengertian
tersebut adalah perusahaan berusaha meminimalkan kekurangan, dan berusaha
melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar baik mikro maupun makro. Defenisi
tersebut juga menunjukan bahwa perusahaan berusaha untuk mengurangi dampak
negatif yang ditimbulkan oleh ancaman-ancaman bisnis.
2.2. Defenisi Organisasi dan Kelembagaan
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang
yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih untuk
mencapai tujuan bersama.
Kelembagaan berasal dari kata lembaga, yang
berarti aturan dalam organisasi atau kelompok masyarakat untuk membantu
anggotanya agar dapat berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan
yang diinginkan.
Kelembagaan pada umumnya lebih diarahkan
kepada organisasi, wadah atau pranata. Organisasi berfungsi sebagai wadah atau
tempat, sedangkan pengertian lembaga mencakup juga aturan main, etika, kode
etik, sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu organisasi atau suatu system.
2.3. Implementasi Manajemen Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan
Implementasi atau pelaksanaan strategi melalui
fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi dan kelembagaan diantaranya sebagai
berikut :
2.3.1. Strategi
Bidang Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok
mengenai dampak yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada pasar
sasaran tertentu. Pendekatan terinci untuk menerapkan strategi-strategi ini
ditentukan lewat program-program pemasaran yang spesifik, seperti program
periklanan, promosi penjualan, pengembangan produk, serta program penjualan dan
distribusi.
Langkah-langkah utama dalam implementasi
strategi pemasaran yang unggul dapat dikelompokkan dalam lima kegiatan utama :
1. Mengindentifikasi dan manajemen
peluang-peluang pasar
Identifikasi dan manajemen peluang dapat dilakukan dengan
mengindentifikasi dan memanajemeni peluang industri (makro) serta peluang pasar
(mikro).
2. Mengembangkan dan melaksankan strategi
memasuki pasar
Untuk memasuki suatu pasar, ada dua langkah yang
sebaiknya dijalankan oleh perusahaan yaitu :
a. Melaksankan kegiatan riset pemasaran yang
studi kelayakan pasar untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pasar
sasaran yang ingin dimasuki.
b. Mengembangkan dan melaksankan strategi dan
taktik pemasaran yang spesifik bisa memasuki pasar. Strategi dan taktik
pemasaran yang spesifik ini memadukan unsur-unsur marketing mix, yang meliputi
:
a) Strategi produk
b) Strategi harga
c) Strategi disrtibusi
d) Strategi promosi
c. Mengembangkan dan melaksankan strategi
penerobosan pasar
Strategi penerobosan pasar dapat dilakukan dengan dua
jalan, yaitu:
a) Strategi pengembangan produk
b) Strategi pengembangan pasar
c) Strategi mempertahankan bagian pasar
d. Mengembangkan dan melaksanakan strategi
mempertahankan pangsa pasar
e. Mengelolah bauran pemasaran (marketing mix)
2.3.2. Strategi Bidang SDM
Strategi SDM adalah kebijakan pengelolaan
karyawan yang diintegrasikan dengan strategi organisasi dan digunakan untuk
memdorong budaya organisasi, agar karyawan memiliki nilai dan menjadi sumber
keunggulan bersaing.
Bebarapa cara yang bisa dilakukan sebagai
budaya strategi sebagai pengembangan SDM tersebut:
a.
Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyumbangkan
ide
b.
Pemberian reward dan punishment
c.
Mengupayakan berbagai pelatihan
2.3.3. Strategi Bidang Operasi atau Produksi
Tugas utama dari manajer produksi dalam
kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha
mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produksi yang rendah, mutu produk
yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan dan fleksibilitas untuk
membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan.
a. Komponen utama strategi operasi
Ada lima komponen utama yang tercakup dalam strategi
operasi itu meliputi ;
a) Pemosisian sistem produksi
b) Keputusan kapasitas/lokasi
c) Teknologi produk dan proses
d) Tenaga kerja dan desain pekerjaan
e) Pemasok dan integrasi vertikal.
b. Fungsi operasi dan strategi genetik
Beberapa peran dari fungsi operasi pada masing-masing
strategi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
a) Keunggulan biaya menyeluruh
b) Defferensiasi
c) Segmentasi pasar
2.3.4. Strategi Bidang Keuangan
Fungsi dan tugas manajemen keuangan adalah
salah satu kepentingan didalam manajemen yang merencanakan, melaksanakan dan
mengendalikan pemanfaatan sumber daya keuangan dalam kegiatan entitas secara
efesien dan efektif, dalam kerjasama secara terpad dengan fungsi-fungsi lainnya
seperti riset dan penelitian, produksi, pemasaran dan SDM.
BAB 3
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Implementasi/pelaksanaan (implementation)
dapat didefenisikan sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya organisasi dan
manajemen melalui strategi yang dipilih. Pelaksanaan strategi diperlukan dengan
tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi
sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilihnya. Tahap pelaksanaan sangat
membutuhkan komitmen serta kerjasama dari seluruh unit, tingkat dan anggota
perusahaan ,sehingga organisasi dapat berhasil dengan baik.
Manajemen Strategi adalah suatu tindakan
manajerial yang mencoba untuk mengembangkan potensi perusahaan di dalam
mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang
telah ditetapkan berdasarkan misi yang telah ditetapkan.
Kelembagaan pada umumnya lebih diarahkan
kepada organisasi, wadah atau pranata. Organisasi berfungsi sebagai wadah atau
tempat, sedangkan pengertian lembaga mencakup juga aturan main, etika, kode
etik, sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu organisasi atau suatu system.
DAFTAR PUSTAKA
·
Amirullah 2015. Manajemen
Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.155-156.
·
Amirullah 2015. Manajemen
Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.6
http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/25/pengertian-defenisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/&hl=id-ID
http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/25/pengertian-defenisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/&hl=id-ID
·
http://mardianpratama10.blogspot.com/2012/10/defenisi-kelembagaan.html?m%3DI&hl=id-ID
·
Amirullah 2015. Manajemen
Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.156-168.
BACA JUGA :
MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI - KONSEP MANAJEMEN STRATEGI
BACA JUGA :
MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI - KONSEP MANAJEMEN STRATEGI
No comments:
Post a Comment