Tuesday, November 13, 2018

MANAJEMEN STRATEGI-IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI BAGI ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN

Setelah para manajer memilih manajemen strategi, dan perusahaan mengetahuai bagaimana harus mencapai tujuannya, maka langkah berikutnya adalah melaksankan strategi yang telah dipilih itu. Pelaksaan strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilih.

MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI

IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGI BAGI ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN

 

KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadiratan Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat, karunia, dan ridha-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini yang berjudul “Implementasi Manajemen Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan”. Adapun tujuan pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini adalah sebagai salah satu tugas Kelompok pada mata kuliah “Manajemen Strategi.”


Dalam kesempatan ini kami tidak lupa mengucapkan Terima Kasih kepada Dosen pembimbing  serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Makalah Manajemen Strategi ini, sehingga Makalah Manajemen Strategi ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan Makalah Manajemen Strategi ini terdapat beberapa kekurangan, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran perbaikan dari semua pihak yang terkait. Sehingga kekurangan yang ada dapat diperbaiki dan disempurnakan. Dalam penyusunan Makalah Manajemen Strategi ini, penyusun berharap semoga Makalah Manajemen Strategi ini dapat berguna dan bermanfaat sebagaimana mestinya, khususnya bagi para mahasiswa. 









                                                                                                Makassar, 10 September 2018

                                                                                                              



                                                                                                                Penyusun



BAB 1

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Setelah para manajer memilih manajemen strategi, dan perusahaan mengetahuai bagaimana harus mencapai tujuannya, maka langkah berikutnya adalah melaksankan strategi yang telah dipilih itu. Pelaksaan strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilih.
Agar pelaksanaan strategi dapat berhasil dengan baik, maka manajer harus hati-hati dan cermat dalam menerjemahkan ke dalam garis pelaksanaanya, yang berarrti:
a.       Strategi harus diterjemahkan kedalam garis pedoman kegiatan harian perusahaan.
b.      Strategi dan perusahaan harus merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Strategi harus tercerminkan di dalam suatu cara dimana perusahaan dapat mengorganisir segala kegiatan dan nilai-nilai dan kepercayaan yang ada dalam perusahaan.
c.       Manajer puncak dan menengah harus secara langsung dan memantau dan mengawasi tindakan dan hasil serta dapat menyesuaikan berbagai perubahan secepat mungkin.
Pada makalah manajemen strategi ini, pembahasan tentang Implementasi Manajemen Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan akan di bagi dalam berbagai pembahasan berdasarkan rumusan masalah yang telah kami diskusikan.


1.1. Rumusan masalah
1.2.1 Apa yang dimaksud dengan implementasi manajemen strategi ?
1.2.2 Apa yang dimaksud dengan organisasi dan kelembagaan ?
1.2.3 Bagaimana implementasi manajemen strategi bagi organisasi dan kelembagaan ?

1.2.Tujuan Pembelajaran
1.3.1 Mengetahui bagaimana cara implementasi manajemen strategi bagi organisasi dan   kelembagaan?

BAB 2

PEMBAHASAN

Implementasi Manajemen Strategi Bagi Organisasi Dan Kelembagaan

2.1. Defenisi Implementasi Manajemen Strategi

2.1.1. Pengertian Implementasi
Implementasi/pelaksanaan (implementation) dapat didefenisikan sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya organisasi dan manajemen melalui strategi yang dipilih. Pelaksanaan strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilihnya. Tahap pelaksanaan sangat membutuhkan komitmen serta kerjasama dari seluruh unit, tingkat dan anggota perusahaan ,sehingga organisasi dapat berhasil dengan baik.
2.1.2. Pengertian Manajemen Strategi
Manajemen Strategi adalah suatu tindakan manajerial yang mencoba untuk mengembangkan potensi perusahaan di dalam mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan berdasarkan misi yang telah ditetapkan. Implikasi dari pengertian tersebut adalah perusahaan berusaha meminimalkan kekurangan, dan berusaha melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar baik mikro maupun makro. Defenisi tersebut juga menunjukan bahwa perusahaan berusaha untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh ancaman-ancaman bisnis.
2.2. Defenisi Organisasi dan Kelembagaan
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
Kelembagaan berasal dari kata lembaga, yang berarti aturan dalam organisasi atau kelompok masyarakat untuk membantu anggotanya agar dapat berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Kelembagaan pada umumnya lebih diarahkan kepada organisasi, wadah atau pranata. Organisasi berfungsi sebagai wadah atau tempat, sedangkan pengertian lembaga mencakup juga aturan main, etika, kode etik, sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu organisasi atau suatu system.

2.3. Implementasi Manajemen Strategi Bagi Organisasi dan Kelembagaan

                Implementasi atau pelaksanaan strategi melalui fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi dan kelembagaan diantaranya sebagai berikut :
2.3.1. Strategi Bidang Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok mengenai dampak yang diharapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada pasar sasaran tertentu. Pendekatan terinci untuk menerapkan strategi-strategi ini ditentukan lewat program-program pemasaran yang spesifik, seperti program periklanan, promosi penjualan, pengembangan produk, serta program penjualan dan distribusi.


Langkah-langkah utama dalam implementasi strategi pemasaran yang unggul dapat dikelompokkan dalam lima kegiatan utama :
1.      Mengindentifikasi dan manajemen peluang-peluang pasar
Identifikasi dan manajemen peluang dapat dilakukan dengan mengindentifikasi dan memanajemeni peluang industri (makro) serta peluang pasar (mikro).
2.      Mengembangkan dan melaksankan strategi memasuki pasar
Untuk memasuki suatu pasar, ada dua langkah yang sebaiknya dijalankan oleh perusahaan yaitu :
a.       Melaksankan kegiatan riset pemasaran yang studi kelayakan pasar untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pasar sasaran yang ingin dimasuki.
b.      Mengembangkan dan melaksankan strategi dan taktik pemasaran yang spesifik bisa memasuki pasar. Strategi dan taktik pemasaran yang spesifik ini memadukan unsur-unsur marketing mix, yang meliputi :
a)      Strategi produk
b)      Strategi harga
c)      Strategi disrtibusi
d)     Strategi promosi
c.       Mengembangkan dan melaksankan strategi penerobosan pasar
Strategi penerobosan pasar dapat dilakukan dengan dua jalan, yaitu:
a)      Strategi pengembangan produk
b)      Strategi pengembangan pasar
c)      Strategi mempertahankan bagian pasar
d.      Mengembangkan dan melaksanakan strategi mempertahankan pangsa pasar
e.       Mengelolah bauran pemasaran (marketing mix)
2.3.2.      Strategi Bidang SDM
Strategi SDM adalah kebijakan pengelolaan karyawan yang diintegrasikan dengan strategi organisasi dan digunakan untuk memdorong budaya organisasi, agar karyawan memiliki nilai dan menjadi sumber keunggulan bersaing.
Bebarapa cara yang bisa dilakukan sebagai budaya strategi sebagai pengembangan SDM tersebut:
a.             Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyumbangkan ide
b.            Pemberian reward dan punishment
c.             Mengupayakan berbagai pelatihan
2.3.3.      Strategi Bidang Operasi atau Produksi
Tugas utama dari manajer produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan.
a.       Komponen utama strategi operasi
Ada lima komponen utama yang tercakup dalam strategi operasi itu meliputi ;
a)      Pemosisian sistem produksi
b)      Keputusan kapasitas/lokasi
c)      Teknologi produk dan proses
d)     Tenaga kerja dan desain pekerjaan
e)      Pemasok dan integrasi vertikal.
b.      Fungsi operasi dan strategi genetik
Beberapa peran dari fungsi operasi pada masing-masing strategi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
a)      Keunggulan biaya menyeluruh
b)      Defferensiasi
c)      Segmentasi pasar
2.3.4.      Strategi Bidang Keuangan
Fungsi dan tugas manajemen keuangan adalah salah satu kepentingan didalam manajemen yang merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pemanfaatan sumber daya keuangan dalam kegiatan entitas secara efesien dan efektif, dalam kerjasama secara terpad dengan fungsi-fungsi lainnya seperti riset dan penelitian, produksi, pemasaran dan SDM.


BAB 3

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Implementasi/pelaksanaan (implementation) dapat didefenisikan sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya organisasi dan manajemen melalui strategi yang dipilih. Pelaksanaan strategi diperlukan dengan tujuan utama untuk merinci lebih jelas dan tepat bagaimana realisasi sesungguhnya pilihan strategi yang telah dipilihnya. Tahap pelaksanaan sangat membutuhkan komitmen serta kerjasama dari seluruh unit, tingkat dan anggota perusahaan ,sehingga organisasi dapat berhasil dengan baik.
Manajemen Strategi adalah suatu tindakan manajerial yang mencoba untuk mengembangkan potensi perusahaan di dalam mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan berdasarkan misi yang telah ditetapkan.
Kelembagaan pada umumnya lebih diarahkan kepada organisasi, wadah atau pranata. Organisasi berfungsi sebagai wadah atau tempat, sedangkan pengertian lembaga mencakup juga aturan main, etika, kode etik, sikap dan tingkah laku seseorang atau suatu organisasi atau suatu system.


DAFTAR PUSTAKA


·         Amirullah 2015. Manajemen Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.155-156.
·         Amirullah 2015. Manajemen Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.6
  http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/25/pengertian-defenisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/&hl=id-ID
·         http://mardianpratama10.blogspot.com/2012/10/defenisi-kelembagaan.html?m%3DI&hl=id-ID
·         Amirullah 2015. Manajemen Strategi;Teori-Konsep-Kinerja. Mitra Wacana Media, Jakarta:Hal.156-168.

     BACA JUGA :
     MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI - KONSEP MANAJEMEN STRATEGI
 

 
 
 
 

 


No comments:

Post a Comment